Pengertian
Mind Maping
Mind Maping pertama kali
dikembangkan oleh Tony Buzan,seorang Psikolog dari Inggris. Beliau adalah
penemu Mind Map (Peta Pikiran), Ketua Yayasan Orak,pnediri Klub Pakar (Brain
Trust) dan pencipta konsep Melek Mental. Mind map diaplikasikan di bidang
pendidikan,seperti teknik,sekolah,artikel serta menghadapi ujian.
Mind maping dapat di artikan
sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan
tertentu dari cabang-cabang sel saraf berbentuk korelasi menuju pada suatu
pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung ke atas kertans dengan animasi yang
disukai dengan gampang dimengerti pembentukanya. Sehingga tulisan yang
dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam
Otak.
Mind Mapong adalah cara
mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah,menangkap berbagai pikiran
kreatif. Mind mapping yang sering mengembangkan cara berpikir divergen dan
berpikir Organisasional yang sangat hebat yang juga merupakan cara termudah
untuk mendapatkan informasi ke dalam otak dan mengambil inforamsi itu ketika
dibutuhkan.
Pengertian fungsi dari:
Island Indent adalah mengatur tata letak.
Hanging Indent adalah
selain baris pertama
Right Indent adalah mengatur batas kanan
Cara Membuat password :
Masuk File => Info => Permission => Encrypt Whit Password => masukan passowrd => klik oke.
Mailmage/Dokumen massal
Dokumen Master:adalah dokumen yang sama untuk semua penerima
Mailing
*Start
Mailmarge :pilih Letters
*Select Recipients : pilih use an existing
*Insert marge Field :Meletakan nama-nama kolom di tempat yang diinginkan
*Previev Results :Melihat penggabungan master dan data
*Finish and marge
*Mind MapingEdit Individual Document
: Pilih all
SIMULASI DIGITAL
Menurut
Pusat Bahasa Depdiknas (2005)
–
“Simulasi adalah satu metode
pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan
keadaan sesungguhnya.Dengan kata lain,simulasi adalah penggambaran suatu sistem
atau proses dengan peragaan memakai midel statistik atau pemeran”.
Menurut
Udin Syaefudin Sa’ud (2005)
–
Simulasi adalah sebuah
replikasi atau visualisasi dari prilaku sebuah sistem, misalnya sebuah
perencanaan pendidikan,yang berjalan pada kurun waktu tertentu.”
Menurut
Sri Anitah,W. (2007)
–
“Metode simulasi merupakan
salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran
kelompok. Proses pembelajaran yang menggunakan metode simulasi cenderung
objeknya bukan benda atau kegiatan yang sebenarnya,melainkan kegiatan mengajar
yang bersifat pura-pura”.
Pengertian
DIGITAL
–
“Digital berasal dari kata
Digitus,dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari
jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut
terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0,oleh karena itu Digital merupakan
penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau
off dan on (bilangan biner).Semua sistem komputer menggunakan sistem digital
sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binart Digit)”.
Jenis-Jenis Simulasi
Simulasi
Analog ,Simulasi Hibrid, dan Simulasi Digital
Teknik Presentasi Efektif
Metode KUPAS
Kuasai
Ungkapkan
Peragaan
Ajukan Pertanyaan
Simpulkan
•
Kuasai Materi Anda!
-Garis besar materi
-Pokok bahasan Materi
-Target Materi
-Garis besar materi
-Pokok bahasan Materi
-Target Materi
•
Kuasai Diri Anda!
-Percaya diri
-Motivasi
-Optimisme
-Percaya diri
-Motivasi
-Optimisme
•
Kuasai Audiance Anda!
-Usia
-Latar belakang
-Pengalaman
-Usia
-Latar belakang
-Pengalaman
Komunikasi
Dalam Jaringan
Ada komponen kewargaan digital, yang dibagi menjadi 6 komponen.
a. Lingkungan Belajar dan
Akademis:
•
Komponen 1. Akses Digital --> Setiap orang punya hak
untuk memakai fasilitas TIK, tapi tidak setiap orang punya kesempatan yang sama
untuk mengakses teknologi.
•
Komponen 2. Komunikasi Digital --> Setiap warga digital
diharapkan mengetahui jenis-jenis komunikasi, dan mengetahui kelebihan dan
kekurangan komunikasi-komunikasi tersebut.
•
Komponen 3. Literasi Digital --> Proses belajar mengajar
mengenai teknologi dan pemanfaatan teknologi.
•
Komponen 4. Hukum Digital --> Mengatur etiket
penggunaan teknologi dalam masyarakat.
•
Komponen 5. Transaksi Digital --> Dalam jual-beli online,
penjual dan pembeli harus menyadari resiko dan keuntungan jual-beli online.
•
Komponen 6. Kesehatan Digital --> Dibalik manfaat teknologi
digital, ada beberapa hal yang bisa mengancam kesehatan (baik fisik maupun
mental). Untuk mencegahnya, kita harus menyadari bahaya yang dapat ditimbulkan
teknologi digital.
Tujuan Komunikasi Dalam
Jaringan.
Mempermudah dalam
berkomunikasi tidak bertemu langsung,jenis komunikasi dalam jaringan misalnya
internet,TV,handphone.
Keunggulan dan kelemahan
komunikasi dering.
*Keunggulan: -Dapat dilakukan dimana saja kapan saja.
*Keunggulan: -Dapat dilakukan dimana saja kapan saja.
-Efisiensi Biaya
-Efesiensi waktu
-Terintergritas dengan layanan
TIK lainya
-Meningkatkan Intensitas
berkomunikasi
-Meningkatkan Partisipasi
*Kelemahan : -Tidak mewakili
emosi pengguna
-memerlukan perangkat khusus
-Terlalu banyak informasi yang
tidak penting
-Menyita Konsentrasi
Komunikasi Dering Sinkron
(Serempak)
Komunikasi menggunakan
komputer sebagai media,terjadi secara serempak,waktu nyata (real time).
Komunikasi Dering Ansingkron
(Tak Serempak)
Komunikasi yang menggunakan
perangkat komputer dan dilakukan secara serempak. Contoh :E-mail
Komponen pendukung komunikasi
dalam jaringan antara lain adalah:
-Modem
Modem adalah suatu alat yang
digunakan untuk menghubungkan komputer ke sebuah jaringan internet
-Hub
Komponen yang digunakan untuk
membangun jaringan dengan topologi star.
-Switch
Fungsi sama dengan Hub,tetapi
memiliki performa yang lebih tinggi.
-Repeater
Komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.
Komponen ini berfungsi sebagai penguat sinyal pada jaringan yang menggunakan topologi bus. Kabel yang digunakan adalah kabel coaxial.
-Bridge
Komponen ini lebih simpel dan murah dibanding router. Bridge hanya menyampaikan paket, namun tidak bisa memilah paket-paket mana yang akan disampaikan ke segmen yang lain.Bridge dapat meningkatkan performa jaringan dengan cara mengeliminasi traffic yang tidak dibutuhkan, sehingga dapat mengurangi peluang terjadinya collision
-Router : Komponen ini lebih
kompleks dan mahal dibandingkan dengan komponen yang
lain. Router dapat melakukan routing dari satu LAN ke LAN yang lain,
artinya router dapat menentukan rute terbaik untuk pengiriman data
dalam jaringan.
Pengertian dan Fungsi MAIL
MARGE
Mail merge membantu kita untuk
membuat sebuah dokumen (misalnya surat) yang isinya sama untuk penerima yang
berbeda secara cepat dan mudah. Fitur ini sangat membantu terutama bila
penerimanya sangat banyak. Mail merge juga dapat digunakan untuk membuat
sertifikat, label, dan amplop.
Untuk membuat mail merge
terdiri dari 2 dokumen, yaitu:
Dokumen Master, dokumen yang
isinya sama untuk semua penerima.
Data Source, yaitu dokumen
yang isinya khusus untuk masing-masing penerima, misalnya nama dan alamat
penerima. Data source dapat berupa data di Excel, Access, Contact pada Outlook
dan sebagainya
PENGOLAH ANGKA EXCEL
Microsoft Exsel
Rumus:
Hari ini
:(now)
Hari lahir : text +(c1;”dddd”)
Usia ( (C-3-C1)365
Fungsi Kelompok Text
1. Left : mengambil karakter yang ada di
sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
2. Right : mengambil karakter yang ada di
sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah
dari satu kesatuan karakter.
Penulisan : =MID(teks, angka_awal,
jumlah_karakter)
4. Upper : mengubah semua karakter dalam
setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf besar / kapital.
Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
5. Lower : mengubah semua karakter dalam
setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf kecil.
Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
6. Proper : mengubah karakter pertama dalam
setiap kata yang ada pada suatu teks
menjadi huruf besar / kapital dan mengubah
huruf berikutnya dengan huruf kecil.
Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”)
menghasilkan Saya Sedang Praktikum
7. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah
yang dinyatakan pada argumen
jumlah_karakter.
Contoh : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan
9
8. Text : mengubah angka menjadi teks dengan
jumlah desimal sesuai yang dinyatakan
pada argumen format_teks.
Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)
Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan
25.00
9. Dollar : mengubah angka menjadi teks mata
uang dolar, disertai pembulatan dan
jumlah desimal menurut argumen
jumlah_desimal.
Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal)
Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan
$3.142857.
=DOLLAR(22/7,5)
menghasilkan $3.14286.
10. Char : mengubah angka
antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII.
Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.
11. Code : mengubah karakter
pertama menjadi kode ASCII.
Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73.
=CODE(“Ikan”) menghasilkan
73 juga.
Catatan !!! tanda koma ( , ) diatas dapat
juga diganti dengan tanda titik
koma ( ; ), disesuiankan dengan komputer
yang dipakai.
Fungsi Bantu Logika 1. And
(Logical 1,logical 2,…,logical 30)
→ menghasilkan argument true jika semua
logika benar.
2. Or (Logical 1,logical 2,…,logical
30)
→ menghasilkan argument true jika salah
satu logika benar.
3. Not (Logical)
→ menghasilkan kebalikan logika.
4. If (Logical Text, Value
True, Value False)
→ menghasilkan argument dengan pemenuhan
syarat yang telah ditentukan.
BLOG
Blog merupakan singkatan dari web log
adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai
posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam
urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama),
meskipun tidak selamanya demikian.
-Manfaat dan Kegunaannya
Blog ini mempunyai fungsi atau
manfaat yang sangat beragam, mulai dari hanya berupa sebuah catatan harian,
media publikasi dalam bentuk sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program
media lainnya dan perusahaan-perusahaan kelas atas. Sebagian besar blog
dipelihara oleh seorang penulis tunggal (blogger), sementara sebagian lainnya
oleh beberapa penulis dalam sebuah konsorsium. Banyak juga blog yang memiliki
fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti halnya menggunakan buku
tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan pengunjungnya untuk
meninggalkan komentar atau tanggapannya atas isi dari sebuah tulisan (artikel
blog) yang dipublikasikan, namun demikian ada juga blog yang bersifat
sebaliknya (non-interaktif), artinya hanya dipergunakan untuk kalangan terbatas
semacam yang dimiliki oleh sebuah institusi sekolah atau perguruan tinggi.
-Manfaat Ekonomis
Beberapa blogger kini bahkan
telah menjadikan blognya sebagai sumber pemasukan (ekonomi, keuangan) utama
melalui sebuah program periklanan (misalnya AdSense, posting berbayar,
penjualan tautan, atau semacam program-program afiliasi). Sehingga kemudian
muncullah istilah blogger profesional, atau problogger, yaitu orang yang
menggantungkan hidupnya hanya dari aktivitas ngeblog (mengelola sebuah blog),
karena banyak saluran pendapatan dana, baik berupa dolar maupun rupiah dari
aktivitas ngeblog ini.
-Risiko kejahatan
Karena blog sering digunakan
untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun
merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang
terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para
hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas
rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam sebuah blog. Hal ini dapat
berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda,
dan bahkan ditangkap.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar